Peran Guru Inovatif Dalam Dunia Pendidikan Selama Pandemi


    Masa darurat covid-19 ini berdampak bagi segala aspek, dan pendidikan  terbilang aspek yang paling terakhir untuk mendapatkan giliran pemulihan. Seperti yang kita tau, di era New Normal, banyak aspek pelayanan umum yang telah di buka, namun sampe bulan oktober ini, pendidikan masih saja dilakukan dengan sistem daring/luring dan tidak diperbolehkan untuk tatap muka. 
    Selama pandemi ini, guru dituntut untuk menjadi lebih inovatif dan kreatif lagi dalam memberikan metode pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan agar siswa tetap dapat menyerap materi. Salah satu kendala terbesar dalam pembelajaran jarak jauh ini adalah menghadapi rasa bosan dan jenuh yang sering kali secara terang terangan di lontarkan oleh siswa. Oleh karena itu,guru harus berfikir lebih ekstra lagi untuk menciptakan metode pembelajaran yang tidak monoton dan dapat di senangi oleh siswa. Sejak dilaksanakannya PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh),guru dituntut harus menguasai IT. 
    Selaku wakasek kurikulum, yang kebetulan baru menjabat di tahun pelajaran 2020 ini ditambah kondisi pandemi yang belum dapat dipastikan kapan berakhir, saya harus memikirkan bagaimana caranya untuk berinovasi dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Diawal pandemi, sekolah saya melakukan pembelajaran hanya via Whatsapp group. Metode ini adalah metode paling gampang yang mungkin sudah sangat dikuasai oleh guru dan siswa. Namun pembelajaran via WAG saya anggap kurang optimal dan cenderung membosankan. oleh karena itu saya mencari referensi untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih bervariatif dan tidak membosankan. Saya menggunakan website guru inovatif dalam mencari referensi untuk mencari ide dalam mengembangkan metode pembelajaran yang nantinya saya aplikasikan di sekolah.

Tantangan Pembelajaran Masa Pandemi
Pembelajaran di Tahun 2020, merupakan awal dari transisi pembelajaran tatap muka ke pembelajaran jarak jauh. Tanpa persiapan, guru dan siswa di tuntut untuk menjalankan sebuah metode pembelajaran yang belum pernah di lakukan sebelumnya, yaitu pembelajaran secara daring.
Adapun tantangan yang harus dihadapi oleh guru dan siswa dalam pembelajaran masa pandemi :

1. Terbatasnya Interaksi
Terbatasnya interaksi antara guru dan siswa menjadi salah satu masalah terbesar dalam pembelajaran jarak jauh ini. Peran guru, selamanya tidak dapat tergantikan oleh sistem apapun. Bukan hanya tentang pengetahuan, tapi sikap dan perilaku siswa, juga merupakan suatu hal yang perlu mendapatkan bimbingan dari guru. Namun, pandemi ini memaksa  kita untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, yang meminimalkan interaksi antara guru dan siswa.
Hal itu dapat menjadi masalah besar jika tidak ada perkembangan metode pembelajaran yang dilakukan guru. Dalam hal ini, guru dituntut untuk lebih aktif lagi, menggunakan teknologi dan sarana yang ada agar interaksi dengan siswa dapat berjalan dengan lebih intens lagi.

2. Teknologi dan Internet
Teknologi dan Internet merupakan sesuatu yang patut kita syukuri keberadaannya, dimasa pandemi ini. Adanya teknologi dan internet, proses pembelajaran jarak jauh lebih terbantu. Namun sayangnya, belum semua elemen masyarakat, termasuk guru dan siswa yang cukup mengenal dan mampu mengoperasikan teknologi dan internet. Ditambah dengan masalah gadget yang tidak semua siswa memiliki dan masalah kuota yang membengkak selama pembelajaran daring. 

3. Keluhan Orang Tua dan Siswa
Hal ini yang sering sekali saya temukan selama pandemi. Keluhan dari orang tua terkait dengan tugas yang diberikan, dan repotnya orang tua dalam mengawasi anaknya selama pembelajaran daring. Selain orang tua, siswa juga sering mengeluhkan bosan dan rindu melakukan pembelajaran dengan suasana kelas.

4. Metode Pembelajaran
Penyampaian materi kepada anak selama PJJ  ini harus lebih menarik agar materi yang disampaikan dapat diserap oleh siswa dengan baik. Selain itu guru juga harus memikirkan metode pembelajaran yang bervariatif agar siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.

GuruInovatif.id  
GuruInovatif.id adalah sebuah platform online learning bersertifikat bagi guru yang diadakan oleh Hafecs.GuruInovatif.id berisi banyak sekali video pembelajaran yang di bawakan oleh tutor profesional.Selain mendapatkan pengetahuan dan dapat mengembangkan kreatifitas guru dalam pembelajaran, platform ini juga menyediakan e-sertifikat ketika kita sudah mengikuti kursus yang sudah kita pilih. Tentu saja guru juga harus mengembangkan kompetnsinya, dan terus belajar agar dapat menciptakan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. GuruInovatif.id adalah jurus ninjaku sebagai guru dalam rangka belajar mengembangkan kompetensi di masa pandemi ini. kenapa guruInovatif.id menjadi solusi? Karena tersedia di seluruh Indonesia dan daat di akses kapanpun dan dimanapun.

Peran GuruInovatif.id Dalam Dunia Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu aspek yang harus mengikuti perkembangan zaman agar tetap bisa diterima oleh siswa dan materi yang di berikan juga bisa terserap dengan baik. Perubahan zaman yang significant ini, juga harus didukung oleh kompetensi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran. GuruInovatif.id dihadirkan untuk menunjang kebutuhan guru dalam mengembangkan kompetensinya. Berikut adalah peran GuruInovatif.id dalam dunia pendidikan: 

1. Mempercepat Pengembangan Kompetensi Guru 
2. Perbaikan Sistem Managemen Sekolah 
3. Pengembangan Kurikulum Sekolah 

Hafecs melalui platform GuruInovatif.id memperkenalkan metode Teaching Mastery Framework yang di dalamnya terdapat 8 aspek yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu, Planning (Rencana),Excecutions (Penerapan), dan Evaluations (Evaluasi). TMF (Teaching Mastery Framework) merupakan sebuah kumpulan kompetensi dasar yang perlu di miliki guru agar dapat menyampaikan cara pembelajaran efektif.

Keuntungan Mengikuti kursus di GuruInovatif.id
1. Melatih Kempuan Guru
    GuruInovatif.id dan HAFECS adalah sebuah lembaga yang bertekad untuk membangun dan mendorong transformasi pendidikan Indonesia melalui kompetensi pembelajaran para guru secara terstruktur dan terukur. Melalui kursus yang di sediakan, guru diajarkan untuk mengembangkan kompesensi dan kemampuan dalam mengajar dan menyampaikan materi untuk siswa.Proses pengukuran dilakukan sejak saaf perencanaan,, pelaksanaan dan paska pengajaran melalui Teaching Mastery Framework.

2. Trainer profesional
    GuruInovatif.id menghadirkan trainer yang profesional dan berpengalaman yang dipilih untuk mengisi materi yang akan disampaikan dalam setiap kursus dan video.

3. Kursus Bersertifikat 
    Setiap kursus yang di ikuti akan mendapatkan sertifikat, modul ,materi pembelajaran dan fasilitas lain untuk menunjang pembelajaran.

4. Pembelajaran yang Menyenangkan 
    Materi disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan menyenangkan, sehingga memudahkan kita dalam menyerap materi pembelajaran.

Kelebihan GuruInovatif.id
1. Sertifikat online
Guru dapat mengambil sertifikasi online pada paket kursus yang disediakan oleh HAFESC melalui platform GuruInovatif.id. Paket ini berisi video dan modul pembelajaran yang berjumlah 32 jam pelatihan (JP).

2. Mini Course
Mini course hanya berjulah 8 - 16 JP, dengan materi yang tidak terlalu padat namun lengkap,serta dibawakan oleh trainer HAFECS yang berprofesional. Meskipun tidak dilengkapi dengan modul materi pembelajaran, namun video dalam paket mini course ini tetap dapat diakses selama 30 hari. Harga yang diberikan dalam paket ini juga relatif murah, sekitar Rp.25.000 saja untuk setiap kursus, dan jika sedang ada diskon, paket ini juga bisa kita dapatkan secara gratis lho. Setelah mengikuti kursus ini, kita juga akan mendapatkan sertifikat online.

3. Productivity Course 
Paket dalam productivity Course ini sangat cocok diikuti untuk menunjang kompetensi selama pembelajran jarak jauh selama pandemi ini. Productivity Course ini berisi tips dan tutorial cara memanfaatkan dan menggunakan aplikasi online untuk menunjang PJJ.Paket ini juga dapat diakses secara gratis selama 1 tahun dan ada sertifikat online juga ketika kita sudah selesai mengikuti kursusnya. Kurang mantap gimana lagi coba?

4. ISLTF (Innovation School Leader and Teacher Forum)
Tujuan dari ISLTF adalah membagikan ilmu menggunakan metode terbaru yang dikembangkan oleh HAFECS secara gratis! Seluruh guru di Indonesia mulai dari guru PAUD Sampai SMA, boleh mengikuti kursus ini secara gratis. Sekali lagi, secara Gratiiiis!

Berikut adalah cara mendaftar di GuruInovatif.id 
1. Buka halaman GuruInovatif.id
2. Klik menu Daftar/login di pojok kanan atas 
3. Isi data 
4. Setelah berhasil mendaftar, kita akan diarahkan ke dalam sebuah halaman yang berisi pilihan menu jenis kursus. 
5. Dibagian atas halaman website ada menu "Kursus online" 
6. silakan pilih kursus yang kita kehendaki. 

Testimoni tentang HAFECS




Artikel ini, saya tujukan untuk guru dan calon guru Indonesia yang masih ingin mengembangkan kompetensi untuk menciptakan metode pembelajaran yang lebih bervariatif dan Inovatif. Yuk, langsung saja daftar ya.

Share this:

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment