Cara Baru Cari Kerja Para Generasi Milenial

 

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju ini, teknologi menjadi suatu hal yang keberadaannya sangat erat dengan manusia. Jika beberapa tahun belakangan ini, belanja online masuk kedalam lifestyle yang kita kenal dengan marketplace, maka sekarang mulai muncul tempat mencari lowongan kerja dengan sistem yang hampir sama, yang disebut dengan talent marketplace.

Talent Marketplace 
Talent marketplace merupakan digital talent recruitment yang menghubungkan para pencari kerja dengan perusahaan .Loh... kalau begitu sama saja dong dengan job portal? Eits...tunggu dulu, meskipun tujuannya mirip, namun sistemnya beda dong. Bisa dibilang kalau talent markerplace ini upgradding dari job portal.

Perbedaan Job Portal dan Talent Marketplace 
Job portal merupakan situs umum yang digunakan untuk mencari kerja.Dalam job portal, kita dapat mengakses informasi tentang lowongan pekerjaan meliputi deskripsi perusahaan hingga email dan alamat lengkap. Kita bisa langsung melamar melalui situs job portal atau mengirimkan sendiri surat lamaran ke perusahaan yang kita pilih. Namun,kelemahannya adalah tidak sedikit lowongan kerja palsu yang terdaftar dalam job portal. Berbeda dengan job portal, talent marketplace menjadi media bagi perusahaan untuk mecari karyawan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan dan bagi pencari kerja, kalian akan mudah ditemukan oleh perusahaan yang sesuai dengan kemamuan yang kalian miliki.Selain itu, kalian tidak perlu mencemaskan tentang lowongan pekerjaan palsu, karena baik perusahaan dan pencari kerja terlebih dahulu akan melalui proses verifikasi, sehingga dapat dijamin legalitasnya.Salah satu talent market place yang akan saya bahas pada postingan ini adalah EKRUT.



Seperti yang kita ketahui, angka pengangguran di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, hal ini dipicu oleh minimnya informasi dan media yang menghubungkan para pencari kerja dengan perusahaan yang mencari tenaga kerja. Ekrut merupakan salah satu digital talent recruitment yang dapat dijadikan jalur alternatif baru dan modern dalam hal pencarian kerja. Melalui EKRUT,pencari kerja di Indonesia tidak perlu apply CV ke berbagai perusahaan. Kalian hanya perlu apply CV agar dapat dengan mudah ditemukan perusahaan yang sedang mencari pekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tentu saja cocok dengan kemampuan yang kalian miliki.
Konsep yang digunakan EKRUT dalam menghubungkan para pencari kerja dan perusahaan adalah pencocokan talent dan kebutuhan perusahaan yang disebut dengan marketplace curation algorithm (MCA).


Berikut adalah cara mendaftarkan diri di EKRUT:
1. Tahap Registrasi 
Kalian bisa melakukan registrasi disini.Dalam proses registrasi kalian akan disuruh mengisi nama lengkap, email, no.hp dan posisi sesuai dengan yang kalian inginkan. 
2.Melengkapi CV/Resume diri 
Setelah registrasi dan verifikasi email,kalian akan diarahkan pada bagian pengisian data diri. 
3. Proses Verifikasi 
Ditahap ini, kalian akan diminta mengisi latar belakang pendidikan dan pekerjaan terkahir. Setelah melengkapi semua informasi, kalian akan mendapatkan pemberitahuan verifikasi. Setelah itu CV kalian akan segera terkonfirmasi di laman EKRUT.


Kalian akan mendapatkan banyak keuntungan setelah berhasil bergabung dengan EKRUT, antara lain:
Coaching
Setelah kalian berhasil melakukan registrasi dan terverifikasi, kalian akan mendapat bimbingan untuk menyeleksi perusahaan oleh talent advocate EKRUT. Dengan begitu kalian akan mendapatkan perusahaan sesuai dengan bakat dan minat yang kalian miliki. 
Persiapan Wawancara 
Talent advocate EKRUT juga akan membimbing kalian tentang bagaimana mempersiapkan wawancara untuk perusahaan impian. Kalian akan diajari menjawab pertanyaan yang umumnya ditanyakan saat wawancara untuk setiap posisi pekerjaan. Dalam hal penentuan gaji, kalian juga akan dibimbing agar dapat melakukan negosiasi gaji agar kalian bisa mendapatkan gaji dan insentif sesuai dengan kemampuan.
Job Market 
Kalian akan mendaatkan gambaran secara rinci mengenai perusahaan - perusahaan yang masuk dalam kategori perusahaan impian kalian. Hal ini dapat mempermudah kalian untuk lebih mengenal perusahaan yang kalian minati. 
Dukungan
Talent advocate EKRUT akan mendampingi setiap proses mencari pekerjaan hingga kalian berhasil mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan posisi yang kalian harapkan.

Masih bingung mencari informasi lowongan pekerjaan? gabung di EKRUT saja!
Referensi tulisan Ekrut.com

Share this:

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment