Bakso Kabut dan Bakso Bakar di banyuwangi (review kuliner)



Bakso merupakan makanan yang sudah gak asing lagi untuk orang Indonesia. Entah aku harus menyebut bakso sebagai cemilan atau makanan, karena sebagian besar teman-temanku gak mau disebut udah makan,kalo hanya nyemil semangkuk bakso+lontong. Mereka bilangnya sih, “pantang disebut sudah makan kalau belum makan nasi”..oke prinsip yang bagus,Lanjutkan kawan! Dan hasilnyapun sudah bisa dipastikan, ukuran celana bertambah satu nomor setiap sebulan sekali..hahahahah!

Oke sudah cukup basa-basinya ya. Jadi prolog diatas ditujukan sebagai pengantar postingan kali ini yang membahas tentang matan yang sudah balikan sama mantannya warung bakso unik dan baru di banyuwangi. Sesuai judul yang diatas sendiri, jadi kali ini aku kan membahas tentang “Bakso kabut dan bakso bakar”.

Kenapa aku bilang unik? Kenapa aku bilang baru? Bakso bakar, bukannya udah umum ya?

Hmmm…iyah sih mungkin kalo di kota lain bakso bakar bisa di temui disetiap perempatan bahkan setiap ujung jalan, tapi di banyuwangi,selama aku tinggal di kota yang penuh dengan kenangan indah bersama mantan ini, dengan sejuta cerita ini, belum pernah aku nemui warung bakso bakar.hmmm..ini seriusan lo, di banyuwangi kota gak ada bakso bakar! Atau mungkin emang akunya ajah yang kurang berpengalaman dalam menelusuri kota banyuwangi kali ya?entahlah….hanya mantan dan pacar barunya TUHAN yang tau.

Jadi ceritanya, beberapa minggu yang lalu aku gak sengaja melihat warung bakso baru buka yang bertulisan gede didepannya “Bakso kabut dan bakso bakar”, dan seketika munculah hasrat didalam dada untuk mencicipinya. Karena suami harus mudik, jadi hanya bisa ngajak adek saja. Akhirnya kemarin sepulang dari tempat les, tanpa banyak planning dan strategy, kita langsung meluncur kesana.



1)Tempat

Desain tempatnya lumayan mewah untuk golongan warung bakso. Dindingnya dikasi semacam lukisan atau gambar pohon gitu. Dan untuk penataan meja, juga tergolong unik dan elegant. Tempat duduk di model lesehan dan setiap meja di kasi pembatas, semacam pagar yang terbuat dari bambu gitu. Tempatnya lumayan luas. Cocok dipakai untuk traktiran ulang tahun #kode



 
ada gambar pohon di temboknya gitu..bikin ati adem.hahahaah

Ada sekat pagar bambu untuk memisahkan meja gitu




2) Menu

Pas pertama kali masuk, dengan penuh hasrat aku langsung bilang “bakso dua dimakan sini”. La dallaaah..ternyata baksonya terdiri dari beberapa menu lo guys.Sempat beberapa menit berpikir keras, kira2 mau pesen menu apa. Dan Seperti biasa, ditempat baru dan untuk kepentingan posting blog, akupun sengaja memesan dua macam menu yang berbeda.
 
Ini bakso Kekar pesananku..konon kepanjangannya sih bakso "Raket bakar"

Ini bakso kabut pesanan adek...kalo aku sih lebih familiar dengan sebutan bakso selimut sih ya
Kalo bakso kekar itu tampilannya sekilas hampir kayak steak gitu ya...jadi pentolnya dimodel bulat pipih terus dibakar. ada mie kerinting lengkap sama sayur dan kuah terpisah. Sedangkan bakso kabut atau bakso selimut, Pentol kombinasi telor tapi telornya ditaro diluar biar ada kesan selimut gitu. hihihihi




3)Rasa

Untuk bakso Kekar (raket bakar) milikku, aku kasi nilai 8/10 deh ya. Rasanya sebenarnya enak. Tapi menurutku kurang pedas gitu. Entah aku yang gak bisa cara makannya ya? haruskah kemarin itu aku kasi sambal tambahan,supaya agak pedas? Tapi dibumbu bakarnya udah ada semacam campuran cabe gitu. Entahlah..yang jelas,untuk ukuranku yang anaknya emang suka sekali pedas, bakso kekarnya kurang pedas.hihihihihi

Untuk bakso kabut milik adek, aku kasi nilai 8/10 juga deh. Rasanya enak sih, kurangnya adalah kemarin dikasi cicip Cuma sedikit banget. Lah kok..hahahahah..

Kuahnya sih overall, enak ya. Gurihnya pas, aku kasih nilai 9/10 deh untuk kuah..ciyeeeee….


4)Harga

Harga semangkuk bakso masing2 10rb ajah,dengan penampakan seperti diatas. Untuk minumnya kemarin aku pesan es teh dengan harga 2rb dan es jeruk adek,harganya 3rb. Harga segitu kalo menurutku tergolong murah banget karena satu porsi bakso plus nyicip pentolnya adek,sukses bikin perutku tak berdaya..bwahahahaha!

Dan kesimpulannya adalah..semoga warung bakso ini bisa bertahan lama dan gak cepet bubar seperti hubungan kita.hahahahah!

Pokok intinya, buat kamu yang tinggal di banyuwangi kota atau gak sengaja mampir ke banyuwangi, wajib banget buat nyobain bakso kabut dan bakso bakar ditempat ini lo guys…Okey, see you in next kuliner review! Salam kuliner guys…



Share this:

JOIN CONVERSATION

3 comments:

  1. kayaknya perlu nyoba, bberapa kali mau nyoba tapi ga jadi2 hahaha

    ReplyDelete
  2. Wih cantik dan sedap, maksudnya baksonya.itu di banyuwangi ya?

    ReplyDelete