Persiapan Mpasi shareen



Mpasi adalah makanan pendamping ASI. Mpasi diberikan saat anak usia 6 bulan. Ketika anak usia 6 bulan, ASI saja sudah tidak mencukupi dalam memberikan nutrisi untuk anak, oleh sebab itu kita perlu memberikan makanan pendamping ASI.
Mpasi di berikan secara bertahap, mulai dari bubur saring, bubur kental, makanan lunak sampai menu keluarga. Pemberian tekstur makanan di sesuaikan dengan usia dan kemampuan anak.
Dalam mempersiapkan MPASI  shareen, saya melakukan banyak sekali riset. Mulai dari perlengkapan MPASI, menu MPASI, sampai menghadapi anak yang tidak mau makan.
Disini saya akan membahas tentang serba serbi MPASI menurut dengan pengalaman shareen.
1) Panduan MPASI
Panduan MPASI yang saya pakai adalah panduan dari WHO. Dalam panduan WHO ini ada beberapa hal yang harus dipenuhi yaitu :
Age (umur) , frequency (frekuensi makanan), amount ( jumlah takaran), tekstur ( tekstur makanan), jenis makanan, responding feeding dan kebersihan.
Untuk panduan WHO akan saya bahas di postingan yang berbeda.
2) Susun jadwal
Awal mula MPASI,saat shareen umur 6-7 bulan, saya hanya memberikan 2 kali jadwal makan. Yaitu pagi sebelum berangkat kerja dan sore sebelum mandi.
Menginjak umur 8 bulan, mulai saya berikan camilan untuk siang hari. Dan saat shareen berusia 9 bulan ,jadwal makannya bertambah menjadi 3 kali sehari dengan jadwal camilan diluar jadwal makan.
3) Peralatan MPASI
Seperti yang saya bahas disini, ada peralatan MPASI yang penting dan gak penting. Jangan sampai kita lapar mata ya bunda. Mending uangnya dianggarkan untuk hal yang lain.
4) Persiapkan bahan MPASI
Saya selalu membuat daftar menu MPASI shareen untuk seminggu kedepan. Kenapa harus saya list? Selain menghindari menu yang sama setiap hari agar anak tidak bosan, kita juga bisa mempersiapkan bahan makanan yang harus kita beli.
Itu adalah beberapa tips untuk mempersiapkan MPASI menurut pengalaman saya. Mungkin ada yang mau nambahin boleh share dikolom komentar ya.
Semoga bermanfaat bunda...

Share this:

JOIN CONVERSATION

2 comments:

  1. dulu aku antusias banget pas udah MP ASI ini. .pakai buku resep atau google langsung nyoba berbagai olahan makanan dan jus juga hihihi
    seneng banget apalagi kalau bayinya antusias makan.
    dl aku pas 6 bln keatas..bubur bayi di blender trus langsung dibagi buat 3kli makan.
    semoga lancar yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bunda..efek anak pertama mungkin ya. Jadi antusias sekali menyambut Masa mpasi. Alhamdulillah...dengan perencaan Dan penyusunan jadwal anak terbiasa makan Dan gak gampang gmt.

      Delete