Peralatan Mpasi bayi ( penting dan gak penting)

Assalamualaikum semuanya....
Jadi kali ini saya mau bahas tentang peralatan MPASI yang penting dan gak penting susuai dengan pengalaman MPASI shareen.
Sebelumnya ,perlu diingat MPASI wajib sekali di berikan ketika anak berusia 6bulan( gak boleh kurang atau lebih) kecuali untuk anak yang lahir prematur atau mempunyai masalah kesehatan, ini perlu sekali konsultasi dengan dokter ya bunda ..
Alhamdullilah sekali, shareen lulus ASI eksklusif selama 6 bulan. Dan sekarang saatnya untuk MPASI. Meski sudah MPASI, tapi asi tetep harus diberikan semau baby ya bunda.
Baiklah...sekarang mari kita bahas tentang peralatan yang perlu dan tidak begitu perlu, untuk di beli saat MPASI. Tidak begitu perlu disini, thats mean, boleh dibeli, tapi gak beli pun sebenarnya gak apa-apa gitu loh ya 

Peralatan wajib punya
1) 1 set tempat makan
Ini saya dapet kado dari salah satu murid,kebetulan udah lengkap dalam satu box, ada mangkok, piring, sendok +garpu dan tempat minum.
Wajib banget dibeli karena gak mungkin kita suapin baby pake sendok makan keluarga dong ya.
2) Feeder food
Ini semacam alat melatih baby memegang makannya sendiri, tapi meminimalisir belepotan. Bentuknya hampir seperti empongan, kita hanya tinggal memasukkan makanan, biasanya aku isi buah atau biscuit, jadi tinggal disedot sama baby.
Membantu banget buat shareen makan buah.
3) Kukusan dan panci
Kukusan dan panci ini sengaja saya beli saat mempersiapkan MPASI shareen. Beli kukusan dan panci ukuran kecil karena yang kita masak juga kapasitas sedikit, selain itu agar tidak tercampur dengan alat masak keluarga.
4) Food marker set
Dalam satu set berisi, ulekan, mangkok, perasan, parutan dan sendok.saya beli merek Lusty bunny yang harganya sangat amat terjangkau . Ada sih merk piegoen, tapi harganya jauh lebih mahal.
Kalo soal harga ,itu tergantung bunda, untuk manfaat saya kira sama saja.
5) Kaldu, UB dan evoo
Ini adalah bahan tambahan untuk MPASI. Menurut beberapa sumber , MPASI bayi dibawah satu tahun tidak boleh menggunakan garam dan gula. Tapi ada beberapa sumber yang tidak melarang penggunaan gula dan garam. Ini tergantung keyakinan kita aja ya bunda.
Kaldu saya gunakan untuk menciptakan rasa yang lebih beragam agar anak tidak bosen. UB dan evoo adalah lemak tambahan, tapi untuk MPASI shareen, saya menggunakan UB Karena menurut saya lebih gurih.
Peralatan tidak wajib beli
1) Slaber baby
Awal menyiapkan MPASI, saya membeli beberapa jenis Slaber, mulai yang sekali pake, ukuran besar dan kecil dengan beraneka macam motif. Saya kira Slaber sangat penting agar saat makan tidak belepotan.
Fakta : saat saya pakaikan Slaber, sang Slaber ditarik tarik sama shareen, dibuat makanan, sehingga fokus teralihkan dan gak jadi makan.
Belepotan?? Kalo masalah belepotan itu tergantung kita nguapin dan selera makan anak.
Kadang shareen makan dengan lahap, mulut dibuka dengan lebar dan gak ada makanan yang jatuh dan sebaliknya.
Jadi kesimpulannya, Slaber ini sangat tidak penting dalam proses makan shareen.
2) Baby chair
Sempat berpikir beberapa bulan untuk membeli baby chair atau tidak. Menurut riset yang saya baca, baby chair sangat membantu agak anak anteng duduk saat makan dan melatih anak duduk dan tidak jalan2 sambil makan.
Saya sangat setuju dengan alasan tersebut.
Faktanya shareen yang sampean sekarang tidak saya belikan baby chair, dan dari awal saya latih makan dengan duduk,awalnya saya pangku karena belum bisa duduk sendiri, kemudian saya biasakan makan sambil dia duduk dilantai dan Alhamdulillah tanpa baby chair, shareen anteng makan sambil duduk.
3)Slow cooker
Slow cooker ini semacam peralatan yang sepertinya dirancang khusus untuk memasak makanan bayi.
Awalnya saya memasukan ini kedalam list belanja peralatan MPASI, tapi karena harganya yang lumayan mahal, sampe sekarang belum saya belum.
Faktanya tanpa slow cooker, hanya mengandalkan kukusan dan panci, saya berhasil memanage waktu saya dan dapat memasak untuk shareen setiap hari sebelum berangkat kerja.


Saya rasa itu beberapa peralatan yang penting dan yang tidak terlalu penting untuk mempersiapkan MPASI anak.
Semoga membantu dalam mempersiapkan MPASI ya bunda...

Share this:

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment